Amankan Gaji Anda Sebelum Bocor Dengan Teknis 5s!
Sumber: canva

Finance / 25 January 2024

Kalangan Sendiri

Amankan Gaji Anda Sebelum Bocor Dengan Teknis 5s!

Claudia Jessica Official Writer
618

Baru gajian, seminggu kemudian kok sudah habis?

Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda ya! Terutama jika Anda tidak memiliki penghasilan sampingan yang bisa mendukung keuangan Anda. Terkadang melihat uang banyak di rekening, membuat kita menjadi lebih boros. Niatnya mau membuat keluarga bahagia dengan mengajak makan di restoran, tapi gaji malah bocor, ditambah tagihan bulanan belum terbayar. Duh pusing!

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian, sebaiknya kita mengambil langkah untuk amankan gaji Anda sebelum bocor dengan teknik 5s. Apa itu teknik 5s?

 

BACA JUGA: Viral Remaja 19 Tahun Jadi Manager Remote di AS Dengan Gaji Rp50 Juta, Siapa Luker Feller?

 

1. Selalu Utamakan Menabung Setiap Gajian

Menabung bukan hanya sekedar nasehat umum, melainkan kewajiban. Mulailah dengan menetapkan persentase tertentu dari gaji sebagai tabungan. Pengaturan ini memastikan bahwa Anda secara konsisten menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk masa depan. Tabungan ini nantinya akan menjadi dasar untuk investasi dan keamanan finansial jangka panjang Anda.

2. Siapkan Dana Darurat Minimal 6x Pengeluaran per Bulan

Dana darurat adalah tameng keuangan Anda. Dana darurat sebaiknya disiapkan setidaknya enam kali pengeluaran bulanan guna memberikan perlindungan finansial yang aman. Dana darurat akan membuat kondisi finansial Anda lebih aman ketika menghadapi kejadian tak terduga seperti kehilangan pekerjaan atau keperluan medis mendesak. Pastikan dana darurat ini bersifat likuid atau mudah dicairkan dan dapat diakses dengan cepat tanpa risiko kehilangan nilai.

3. Sedini Mungkin Lakukan Investasi

Investasi adalah salah cara untuk membuat aset Anda berkembang sehingga nilai yang Anda miliki tidak tergerus oleh inflasi. Memulai investasi sedini mungkin memberikan keuntungan besar karena semakin lama kita berinvestasi, maka semakin besar perkembangan aset Anda.

 

BACA JUGA: 7 Tips Negosiasi Saat Dapat Tawaran Pekerjaan dari Perusahaan Lain Saat Anda Masih Bekerja

 

Ada begitu banyak jenis investasi, mulai dari saham, obligasi, hingga properti. Konsultasikan dengan penasihat keuangan untuk merancang portofolio yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko investasi Anda.

4. Selalu Miliki Asuransi yang Sesuai dengan Kebutuhan

Perlindungan finansial melalui asuransi itu penting. Pertimbangkan asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi perlindungan pendapatan. Asuransi jiwa memberikan perlindungan finansial bagi keluarga Anda jika terjadi sesuatu pada Anda. Asuransi kesehatan melindungi Anda dari beban finansial yang besar akibat perawatan medis. Asuransi perlindungan pendapatan memberikan keamanan finansial jika Anda tidak dapat bekerja karena cedera atau sakit. Apakah Anda tertarik untuk memiliki asuransi?

5. Siapkan Lebih dari 1 Sumber Penghasilan

Dengan kondisi ekonomi yang terus berubah, memiliki lebih dari satu sumber penghasilan akan membantu keuangan Anda lebih stabil. Cobalah pertimbangkan untuk mengembangkan sumber penghasilan tambahan, seperti investasi pasif, bisnis sampingan, atau pengembangan keterampilan yang dapat meningkatkan nilai di pasar kerja.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya mengandalkan satu sumber penghasilan saja, mengurangi risiko finansial akibat perubahan tak terduga.

 

BACA JUGA: Mampukah Beli Rumah dengan Gaji UMR?

 

Dengan menerapkan teknik 5s ini, siapapun dapat membangun pondasi keuangan yang kokoh. Teknik 5s tidak hanya bertujuan untuk mencapai kesejahteraan finansial saat ini, tetapi juga memberikan keamanan dan keberlanjutan di masa depan.

Setiap langkah kecil yang diambil hari ini dapat berdampak besar pada kehidupan Anda di masa mendatang.

Sumber : lifepal
Halaman :
1

Ikuti Kami